Banner 468 x 60px

 

Jumat, 03 Februari 2012

KONVEKSI

0 komentar
           Untuk memahami perpindahan panas dengan cara konveksi, lakukan percobaan berikut! (Percobaan Dapat Di Lihat Pada Menu Eksperimen "Percobaan 7.3"!!!)
Untuk perbedaan temperatur yang kecil, laju perpindahan panas (h), dikarenakan konveksi alamiah sebanding dengan selisih suhu sekitarnya (dan luas permukaan (A), ditulis dengan persamaan :
dengan h adalah faktor kesebandingan yang nilainya tergantung pada bentuk dan orientasi permukaan. Dinyatakan dalam A dinyatakan dalam  dinyatakan dalam K maka H dinyatakan .

Kejadian yang kalian amati pada percobaan 7.3 disebut konveksi alamiah yang didasarkan pada perbedaan temperatur, sesuai dengan persamaan di atas, bagaimana terhadap luas permukaan benda tersebut?
Konveksi Paksa

Pada banyak penerapan dalam teknik, aliran zat alir (misalnya air), dilakukan dengan sengaja, yaitu mengalirkan air yang sudah panas ke tempat lain. Misalkan pada sistem pendinginan pada reactor nuklir dan radiator mobil. Pada radiator diberi kipas angin, apa fungsi kipas angin tersebut? Tentu sebelum kalian menjawab pertanyaan ini, kalian harus mengetahui prinsip kerja radiator. Prinsip yang kalian pegang adalah bahwa radiator menyediakan air dingin, kemudian dipaksa mengalir ke daerah mesin untuk mendinginkan mesin, terus air panas dari mesin mengalir kembali ke radiator. Dari sini kalian akan tahu fungsi dari kipas angin, bukan? Jelaskan! Dan bagaimana kalau kipas anginnya tidak bekerja apakah sistem pendinginan pada mesin akan normal?



Gambar 7.9 (a) Pendingin (b) Radiator



Contoh soal 7.5
Seseorang mempunyai suhu badan berada dalam ruangan yang bersuhu Hitung kalor yang dilepaskan dari orang setiap detik! Jika luas permukaan kulit orang dan faktor kesebandingan untuk orang tanpa busana .

Penyelesaian :

Diketahui :  
                 

             
             
Ditanya :         H = ……….?

Jawab :


      = 7,1  1,5  (306-302) = 42,6 


 

0 komentar:

:) :( ;) :D ;;-) :-/ :x :P :-* =(( :-O X( :7 B-) :-S #:-S 7:) :(( :)) :| /:) =)) O:-) :-B =; :-c :)] ~X( :-h :-t 8-7 I-) 8-| L-) :-a :-$ [-( :O) 8-} 2:-P (:| =P~ :-? #-o =D7 :-SS @-) :^o :-w 7:P 2):) X_X :!! \m/ :-q :-bd ^#(^ :ar!

Posting Komentar