Banner 468 x 60px

 

Jumat, 03 Februari 2012

ASAS BLACK

1 komentar
         Hukum Kekekalan Energi untuk Kalor
          Kita ingin mandi dengan air hangat, untuk keperluan ini kita ambil 2 liter air yang bersuhu 70 derajat celcius, kita campurkan dengan 4 liter air yang bersuhu 30 derajat celcius. Bagaimana suhu air 70 derajat celcius setelah dicampur dan bagaimana pula suhu air 30 derajat celcius? Ternyata air hangat itu bersuhu kurang lebih 40 derajat celcius. Mengapa hal itu dapat terjadi?
Gambar 7.12 Hukum kekekalan energi
1.      Asas Black
     Menurut hukum kekekalan energi, bahwa energi tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan, yang terjadi hanyalah perubahan bentuk energi yang satu ke bentuk energi yang lain. Kita ambil contoh, sebuah benda A massa suhu  dan massa jenisnya (), kita masukkan ke dalam air B yang massanya suhu dan massa jenis Setelah terjadi keseimbangan dianggap tidak ada kalor yang diserap oleh tempat, suhu air menjadi T. Perhatikan gambar 7.13 di bawah!
   Dalam hal ini benda A suhunya turun dari  ke T. Maka kalor yang dilepas banda A adalah Sedangkan air B, suhunya naik dari  ke T. Maka kalor yang diserap air B adalah .
Berdasarkan hukum kekekalan energi untuk kalor, jumlah kalor yang dilepas benda A sama dengan jumlah kalor yang diserap oleh air B. hal ini dikenal dengan Asas Black.

1 komentar:

Fisika Dasar mengatakan...

makasih juga ..... :-bd

:) :( ;) :D ;;-) :-/ :x :P :-* =(( :-O X( :7 B-) :-S #:-S 7:) :(( :)) :| /:) =)) O:-) :-B =; :-c :)] ~X( :-h :-t 8-7 I-) 8-| L-) :-a :-$ [-( :O) 8-} 2:-P (:| =P~ :-? #-o =D7 :-SS @-) :^o :-w 7:P 2):) X_X :!! \m/ :-q :-bd ^#(^ :ar!

Poskan Komentar